Thursday, March 15, 2012

Cara Memperbaiki Hardware Onboard Yang Mati

Cara Memperbaiki Hardware Onboard Yang Mati - Selanjutnya akan membahas Cara Memperbaiki Hardware Onboard Yang Mati. Hardware Onboard tersebut terdapat pada motherboard yang simple dan praktis. Hardware tersebut seperti soundcard, VGA, LAN Card dan lain - lain sudah menyatu dalam motherboard. Sehingga penggunaannya tak perlu lagi menambahkan hardware yang sudah tersedia.

Cara Memperbaiki Hardware Onboard Yang Mati - Hardware tersebut walaupun praktis, tapi agak sedikit ribet kalau sudah tidak berfungsi. Berbeda dengan hardware yang tidak onboard, kalau rusak kan bisa diganti. Tapi tunggu dulu hardware yang onboard sebenarnya tersambung langsung dengan system BIOS pada motherboard, oleh karena itu, walau tidak berfungsi jangan dulu beranggapan kalau dia itu sudah rusak. Coba dulu lakukan langkah berikut ini :
  • Carilah jumper yang bernama Clear CMOS. Biasanya terletak dekat baterai.
  • Posisikan jumper itu pada posisi CLEAR CMOS
  • Tunggu dalam 5 detik
  • Kembalikan jumper ke posisi semula 
Setelah itu nyalakan komputer dan cek hardware yang bermasalah tadi. Jika cara diatas berhasil, tandanya hardware yang tidak berfungsi tadi memang dinonaktifkan oleh system BIOS. Tapi kalau masih tidak berfungsi juga. Artinya ada kemungkinan memang hardware tersebut memang sudah rusak.

Sumber :  http://tips-tipskomputer.blogspot.com/2009/09/cara-memperbaiki-hardware-onborad-yang.html