Friday, December 14, 2012

Cara Mengatasi Blue Screen IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Hahahaaa... pasti panik kan ketika komputer kita mengalami blue screen? oke oke saya akan coba share pengalaman saya, biasanya Blue Screen bisa disebabkan oleh terdeteksinya harware error pada komputer kita diantaranya ada VGA card, Memory (RAM), HDD bad sector dll.
Pada Postingan kali ini Oneway Computer akan membahas tentang bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL seperti gambar dibawah ini


Blue Screen IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL ini terjadi karena VGA Card / Memory (RAM) tidak bekerja dengan sempurna dikarenakan banyak hal seperti :
  • VGA rusak, panas, tertutup debu kaki-kaki konektornya
  • Memori (RAM) rusak, debu kaki-kaki konektornya
Penangan pertama yang harus kita lakukan adalah :
  1. Buka tutup chassing komputer kita (yang sebelah kiri aja ya)
  2. Copot VGA card  dan Memory (RAM) dari motherboard 
  3. Bersihkan dengan menggunakan kuas untuk menghilangkan debu
  4. Bersihkan kaki-kaki konektor yang berwarna seperti emas/kuningan menggunakan penghapus pensil yang biasa digunakan oleh anak-anak SD  :D
  5. bila sudah, sekarang pasang kembali ke posisi semula dan pastikan terpasang dengan benar oke!
  6. Nyalakan komputer seperti biasa dan buka game atau program berat seperti Corel dan AUTO CAD bila tidak terjadi Blue Screen IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL lagi berarti anda telah berhasil.
Tetapi jika cara diatas tidak berhasil saya sarankan anda agar mengganti VGA card atau Memory (RAM) dengan yang baru karena dapat dipastikan VGA card atau Memory (RAM) yang anda miliki rusak.

Sekian posting tentang CaraMengatasi Blue Screen IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL semoga dapat membantu teman-teman Oneway Computer semuanya.